Gambut Luncurkan Sistem Informasi Sosial dan Masyarakat, Permudah Akses Layanan Publik

- Jurnalis

Selasa, 8 Juli 2025 - 18:10 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Martapura, matarakyat.co.id – Pemerintah Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, resmi meluncurkan Sistem Informasi Sosial dan Masyarakat (Siskom) dalam acara sosialisasi yang digelar di Aula Kantor Kecamatan, Rabu (18/6/2025).

Peluncuran ini merupakan bagian dari upaya digitalisasi pelayanan publik, khususnya di bidang kesejahteraan sosial.

Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Gambut, Erma Maulida, menyampaikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan perangkat desa dan kelurahan se-Kecamatan Gambut untuk mendukung penerapan sistem ini.

“Kami sudah turun langsung ke desa-desa dan menjalin komunikasi dengan para kepala desa serta lurah guna memastikan dukungan terhadap Siskom,” ujar Erma.

Baca Juga :  Pekarangan Polsek Gambut Jadi Contoh, Kecamatan Gambut Dorong Warga Bertani di Lahan Rawa

Masyarakat, kata dia kini dapat mengakses layanan melalui laman resmi Siskom di https://siskomlayanan.blogspot.com/. Layanan ini berbasis Google Form.

Dia menjelaskan, salah satu jenis layanan yang tersedia ialah permohonan BPJS Kesehatan gratis dari pemerintah.

“Pemohon cukup mengisi formulir yang tersedia dan mengunggah sejumlah dokumen, seperti surat keterangan tidak mampu, surat pernyataan, fotokopi KTP dan KK, serta foto rumah dari tampak depan, samping, dan dalam,” jelasnya.

Selain itu, menurutnya Siskom juga menyediakan kanal pelaporan untuk kejadian bencana alam dan masalah sosial lainnya. Warga dapat melaporkan kejadian dengan melampirkan dokumen pendukung seperti KTP, KK, foto kerusakan rumah, laporan dari desa atau kelurahan, dan bila ada, laporan dari kepolisian.

Baca Juga :  PT Baramarta Libatkan Kontraktor untuk Atasi Tunggakan Pajak Ratusan Miliar

“Melalui layanan digital ini, kami berharap pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat, mudah diakses, serta informasi layanan bisa lebih transparan dan efisien. Ulun himung melayani pian-pian sabarataan (saya senang bisa melayani kalian semua),” tambah Erma.

Erma diketahui merupakan peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I Tahun 2025, yang mendorong aparatur negara untuk melakukan inovasi pelayanan publik di daerah.

Berita Terkait

Satpol PP Banjar Gelar Pelatihan Aplikasi SIM LINMAS untuk Tingkatkan Layanan Perlindungan Masyarakat
Ali Syahbana: Narkoba Tak Lagi Bersembunyi, Pemuda Harus Diselamatkan dari Jeratnya
PT Baramarta Libatkan Kontraktor untuk Atasi Tunggakan Pajak Ratusan Miliar
Lapas Batulicin dan Insan Media Jalin Sinergitas untuk Membangun Kepercayaan Publik
Polres Tanah Bumbu dan Lapas Batulicin Perkuat Sinergitas untuk Keamanan
Tradisi 10 Muharram di Tunggul Irang Seberang: Warga Ramai-Ramai Bagi Uang
Jerat Sunyi di Balik Layar MiChat: Tiga Wanita Diamankan Satpol PP Banjarbaru
Menurut Ali Syahbana, “Tamat Sembahyang” Adalah Alarm Lemahnya Jalur Ilmu

Berita Terkait

Selasa, 8 Juli 2025 - 18:10 WITA

Gambut Luncurkan Sistem Informasi Sosial dan Masyarakat, Permudah Akses Layanan Publik

Selasa, 8 Juli 2025 - 16:53 WITA

Satpol PP Banjar Gelar Pelatihan Aplikasi SIM LINMAS untuk Tingkatkan Layanan Perlindungan Masyarakat

Selasa, 8 Juli 2025 - 15:30 WITA

Ali Syahbana: Narkoba Tak Lagi Bersembunyi, Pemuda Harus Diselamatkan dari Jeratnya

Selasa, 8 Juli 2025 - 10:30 WITA

PT Baramarta Libatkan Kontraktor untuk Atasi Tunggakan Pajak Ratusan Miliar

Minggu, 6 Juli 2025 - 19:11 WITA

Lapas Batulicin dan Insan Media Jalin Sinergitas untuk Membangun Kepercayaan Publik

Minggu, 6 Juli 2025 - 19:05 WITA

Polres Tanah Bumbu dan Lapas Batulicin Perkuat Sinergitas untuk Keamanan

Minggu, 6 Juli 2025 - 08:45 WITA

Tradisi 10 Muharram di Tunggul Irang Seberang: Warga Ramai-Ramai Bagi Uang

Jumat, 4 Juli 2025 - 15:10 WITA

Jerat Sunyi di Balik Layar MiChat: Tiga Wanita Diamankan Satpol PP Banjarbaru

Berita Terbaru