Martapura, matarakyat.co.id – RSUD Ratu Zalecha Martapura terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui kegiatan In House Training dengan tema “Mutu dan Keselamatan Pasien” Yang digelar di salah satu Hotel di Banjarbaru, Selasa (26/8/2025).
Direktur RSUD Ratu Zalecha, Martapura Arief Rachman, menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi langkah penting dalam menyamakan persepsi seluruh jajaran terkait peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.
“Di sini kita mengumpulkan data mutu, menentukan indikator, mengukur, lalu melakukan validasi. Jika ada layanan yang mutunya masih perlu diperbaiki, maka kita tindaklanjuti bersama. Harapannya, ini menjadi budaya di seluruh karyawan, bukan sekadar aturan yang dipaksakan,” ujar Arief.
Menurutnya, evaluasi mutu pelayanan akan dilakukan secara berkesinambungan setiap tahun.
“Selain mempertahankan standar yang sudah dicapai, RSUD Ratu Zalecha juga akan terus melakukan continuous improvement agar pelayanan semakin optimal,” jelasnya.
Arief menegaskan, peningkatan mutu tidak hanya dilakukan dengan belajar dari rumah sakit besar atau modern, tetapi juga dengan berbagi pengalaman bersama rumah sakit lain yang sudah menerapkan praktik terbaik (best practice).
“Kita belajar dari siapa pun. Tidak harus ke rumah sakit besar, karena di sekitar kita ada rekan sejawat yang juga punya banyak pengalaman. Begitu pula sebaliknya, RSUD Ratu Zalecha juga sering diminta berbagi informasi dengan rumah sakit lain,” jelasnya.
Melalui kegiatan ini, pihak rumah sakit berharap seluruh tenaga pelayanan maupun manajemen memiliki pemahaman yang sama mengenai peningkatan mutu dan keselamatan pasien.
Sehingga ke depan RSUD Ratu Zalecha dapat terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Banua.