RSUD Raza Martapura, Capai 86,86 Persen Indeks Kepuasan Masyarakat

- Jurnalis

Rabu, 14 Agustus 2024 - 16:44 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Martapura, matarakyat co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura semakin membuktikan komitmennya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Banjar, terbaru dengan adanya Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Semester 1 Tahun 2024 yang mencapai 86,86 persen

Hal tersebut diungkapkan langsung Direktur RSUD Ratu Zalecha Arief Rachman. Ia menyampaikan hasil IKM ini berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilaksnakan dari bulan Februari hingga Juni 2024.

“Tujuan dari survei ini adalah untuk menilai kepuasan masyarakat terhadap berbagai layanan di RSUD Ratu Zalecha,” ucap Arief.

Menurut Arief data dikumpulkan dari beberapa instalasi, yaitu Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Rawat Jalan (Poliklinik), Instalasi Rawat Inap, Instalasi Farmasi, Instalasi Laboratorium, dan Instalasi Radiologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara oleh petugas enumerator dan pengisian kuesioner secara daring menggunakan Google Form.

“Kuesioner yang digunakan terdiri dari 9 (sembilan) pertanyaan yang mengacu pada Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman SKM Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Kuesioner tersebut mencakup berbagai unsur pengukuran kepuasan terhadap pelayanan,” terangnya.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Anggota BPD Yang Meninggal Dunia Sebesar Rp 42 Juta

Arief menambahkan jumlah sampel yang ditetapkan untuk survei ini adalah 1.500 responden per periode survei. Pada semester ini, 1.625 responden berhasil di-survey, yang dipilih secara acak dari setiap jenis pelayanan. Jumlah ini melebihi sampel minimal yang ditetapkan berdasarkan kunjungan pasien di tahun sebelumnya.

Adapun Indeks kepuasan masyarakat pada semester ini adalah 86,86, yang tergolong dalam kategori “Baik” (B). Berikut adalah analisis terperinci dari beberapa unsur layanan:

Waktu Penyelesaian: Skor terendah dengan nilai 3,302. Mutu layanan dan kinerja unit dinilai “Baik”. Sarana dan Prasarana: Skor 3,338. Mutu layanan dan kinerja unit dinilai “Baik”. Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan: Skor tertinggi dengan nilai 3,874. Mutu layanan dan kinerja unit dinilai “Sangat Baik”. Biaya/Tarif: Skor 3,816. Mutu layanan dan kinerja unit dinilai “Sangat Baik”.

Beberapa saran dan masukan dari responden meliputi: Percepatan Waktu Pelayanan: Meskipun sudah ada sistem pendaftaran online (SIPO), responden masih merasakan waktu penyelesaian pelayanan lambat. Upaya untuk meningkatkan efisiensi proses pelayanan akan menjadi prioritas.

Baca Juga :  Sosialisasi Aksi Perubahan Kinerja Organisasi Berjudul OM IPAN MANIS

Lanjut Arief evaluasi dan perbaikan proses pelayanan akan dilakukan untuk mengurangi waktu penyelesaian. Dokter Spesialis Jantung Saat ini, dokter spesialis jantung sedang menjalani tugas belajar untuk peningkatan kompetensi. Penyediaan dokter spesialis jantung tambahan akan dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan di poli jantung.

Selain itu, Arief menerangkan responden juga mengeluhkan kondisi sarana dan prasarana seperti toilet, kursi tunggu, kipas angin, dan wastafel. Berdasarkan survei sebelumnya, telah dilakukan penambahan dan pergantian kursi tunggu di beberapa tempat, terutama di loket pendaftaran. Tindak lanjut dari saran mengenai sarana dan prasarana akan dilakukan, termasuk perbaikan toilet, penambahan kursi tunggu, kipas angin, dan wastafel.

“Semoga hasil survei ini dapat menjadi dasar untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit. Dengan pemantauan dan tindak lanjut yang berkelanjutan, diharapkan RSUD Ratu Zalecha dapat terus memberikan pelayanan terbaik dan memenuhi harapan masyarakat,” tutupnya.

Penulis : ARF

Editor : MR

Berita Terkait

Launching Gugus Tugas Polri Mendukung Program Asta Cita Ketahanan Pangan di Martapura
Pemeriksaan Tim Inspektorat Kalsel, Sekda Banjar Minta SKPD Memfasilitasi
Pengamanan Debat Perdana Pilkada Serentak 2024 Berlangsung Aman dan Lancar
Penanaman Bibit Cabe di Desa Sungkai Baru untuk Mendukung Program Asta Cita Presiden RI
Deklarasi Pilkada Damai, Berikut Pesan Kapolda Kalsel
Tim P4GN RSUD Ratu Zalecha Gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan Narkoba Bagi Karyawan
Paslon H Syaifullah Tamliha, Berharap Bawaslu dan KPU Tetap Menjaga Profesionalisme
Polres Banjar Gelar Sosialisasi Program Polri Dukung Ketahanan Pangan

Berita Terkait

Rabu, 20 November 2024 - 23:16 WITA

Launching Gugus Tugas Polri Mendukung Program Asta Cita Ketahanan Pangan di Martapura

Rabu, 13 November 2024 - 10:23 WITA

Pengamanan Debat Perdana Pilkada Serentak 2024 Berlangsung Aman dan Lancar

Sabtu, 9 November 2024 - 11:50 WITA

Penanaman Bibit Cabe di Desa Sungkai Baru untuk Mendukung Program Asta Cita Presiden RI

Rabu, 6 November 2024 - 08:18 WITA

Deklarasi Pilkada Damai, Berikut Pesan Kapolda Kalsel

Selasa, 5 November 2024 - 13:29 WITA

Tim P4GN RSUD Ratu Zalecha Gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan Narkoba Bagi Karyawan

Selasa, 5 November 2024 - 12:28 WITA

Paslon H Syaifullah Tamliha, Berharap Bawaslu dan KPU Tetap Menjaga Profesionalisme

Sabtu, 2 November 2024 - 16:46 WITA

Polres Banjar Gelar Sosialisasi Program Polri Dukung Ketahanan Pangan

Kamis, 31 Oktober 2024 - 21:25 WITA

Pelatihan Olahan Pangan Berbahan Ikan Gabus, Peserta Terima Bantuan Peralatan Produksi

Berita Terbaru