Martapura, matarakyat co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura semakin membuktikan komitmennya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Banjar, terbaru dengan adanya Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Semester 1 Tahun 2024 yang mencapai 86,86 persen
Hal tersebut diungkapkan langsung Direktur RSUD Ratu Zalecha Arief Rachman. Ia menyampaikan hasil IKM ini berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilaksnakan dari bulan Februari hingga Juni 2024.
“Tujuan dari survei ini adalah untuk menilai kepuasan masyarakat terhadap berbagai layanan di RSUD Ratu Zalecha,” ucap Arief.
Menurut Arief data dikumpulkan dari beberapa instalasi, yaitu Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Rawat Jalan (Poliklinik), Instalasi Rawat Inap, Instalasi Farmasi, Instalasi Laboratorium, dan Instalasi Radiologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara oleh petugas enumerator dan pengisian kuesioner secara daring menggunakan Google Form.
“Kuesioner yang digunakan terdiri dari 9 (sembilan) pertanyaan yang mengacu pada Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman SKM Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Kuesioner tersebut mencakup berbagai unsur pengukuran kepuasan terhadap pelayanan,” terangnya.
Arief menambahkan jumlah sampel yang ditetapkan untuk survei ini adalah 1.500 responden per periode survei. Pada semester ini, 1.625 responden berhasil di-survey, yang dipilih secara acak dari setiap jenis pelayanan. Jumlah ini melebihi sampel minimal yang ditetapkan berdasarkan kunjungan pasien di tahun sebelumnya.
Adapun Indeks kepuasan masyarakat pada semester ini adalah 86,86, yang tergolong dalam kategori “Baik” (B). Berikut adalah analisis terperinci dari beberapa unsur layanan:
Waktu Penyelesaian: Skor terendah dengan nilai 3,302. Mutu layanan dan kinerja unit dinilai “Baik”. Sarana dan Prasarana: Skor 3,338. Mutu layanan dan kinerja unit dinilai “Baik”. Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan: Skor tertinggi dengan nilai 3,874. Mutu layanan dan kinerja unit dinilai “Sangat Baik”. Biaya/Tarif: Skor 3,816. Mutu layanan dan kinerja unit dinilai “Sangat Baik”.
Beberapa saran dan masukan dari responden meliputi: Percepatan Waktu Pelayanan: Meskipun sudah ada sistem pendaftaran online (SIPO), responden masih merasakan waktu penyelesaian pelayanan lambat. Upaya untuk meningkatkan efisiensi proses pelayanan akan menjadi prioritas.
Lanjut Arief evaluasi dan perbaikan proses pelayanan akan dilakukan untuk mengurangi waktu penyelesaian. Dokter Spesialis Jantung Saat ini, dokter spesialis jantung sedang menjalani tugas belajar untuk peningkatan kompetensi. Penyediaan dokter spesialis jantung tambahan akan dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan di poli jantung.
Selain itu, Arief menerangkan responden juga mengeluhkan kondisi sarana dan prasarana seperti toilet, kursi tunggu, kipas angin, dan wastafel. Berdasarkan survei sebelumnya, telah dilakukan penambahan dan pergantian kursi tunggu di beberapa tempat, terutama di loket pendaftaran. Tindak lanjut dari saran mengenai sarana dan prasarana akan dilakukan, termasuk perbaikan toilet, penambahan kursi tunggu, kipas angin, dan wastafel.
“Semoga hasil survei ini dapat menjadi dasar untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit. Dengan pemantauan dan tindak lanjut yang berkelanjutan, diharapkan RSUD Ratu Zalecha dapat terus memberikan pelayanan terbaik dan memenuhi harapan masyarakat,” tutupnya.
Penulis : ARF
Editor : MR